Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPS Materi Peta Dengan Model Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Widodo, Widodo and , Drs. yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPS Materi Peta Dengan Model Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan model Jigsaw bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, dokumentasi, catatan lapangan, test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis kritis yang bersifat deskriptif komparatif. Dengan teknik deskriptif komparatif, peneliti dapat menganalisis data yang telah dikumpulkannya dengan cara membandingkan siklus.Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV. Peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar dapat dilihat dari aspek keberanian bertanya siswa hasil pra siklus sebanyak 5 siswa yang berani bertanya atau sebesar 20%. Kemudian pada siklus I siswa yang berani bertanya meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 52%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 8 siswa (32%) dari siklus I. Sedangkan pada aspek hasil belajar pra siklus sebanyak 7 siswa yang bisa mencapai nilai KKM atau sebesar 28%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 16 siswa atau sebesar 64%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 5 siswa (20%) dari siklus I. Dapat disimpulkan penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi peta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, keberanian bertanya, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 08:09
Last Modified: 14 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29131

Actions (login required)

View Item View Item