Pratiwi, Mariana Eva and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (329kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (747kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PTK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Kateguhan, Sawit, Boyolali, tahun 2013/2014 melalui penerapan model role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Sumber data yang digunakan adalah informan, nilai hasil belajar, hasil pengamatan proses pembelajaran IPS, motivasi belajar. Pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar proses pembelajaran, dan soal. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisa interaktif yang meliputi tiga tahap yaitu, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pencapaian apabila >80% siswa memiliki motivasi belajar diatas 50% dan > 80% siswa memperoleh hasil belajar IPS diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (62). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan, saat kondisi awal motivasi belajar 39,42% dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 7,69%, terjadi peningkatan menjadi 59,61% pada siklus I dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 76,92%, dan pada sikus II terjadi peningkatan menjadi 65,41% dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 92,3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal rata-rata sebesar 61,3 menjadi 66,46 di siklus I, dan di siklus II menjadi 70,92. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 46,15%, menjadi 69,23% di siklus I, dan 84,61% di sikus II. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan: “dengan menerapkan model role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali dan dengan menerapkan model role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali.” Terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS, motivasi belajar, role playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 May 2014 12:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29121 |
Actions (login required)
View Item |