Yuwono, Ari and , Drs. Muhroji, SE, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Trunuh Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (92kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (175kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD N 2 Trunuh tahun 2013/2014.Penelitian tindakankelas yang terdiri dari II siklus dengan subyek penelitianadalah siswa kelas V SD N 2 Trunuh yang terdiri dari 17 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 10 anak dan siswa perempuan sebanyak 7 anak. Analisis data untuk kedua data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengandeskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap aktifitas belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II.Perbandingan juga dilakukan dengan terhadap nilai teskondisi awal, siklus I dan siklus II, kemudian di refleksi.Hasil penelitian menyimpulkan yaitu : (1) penerapan strategi pembelajaran model jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. Hal ini di tunjukkan adanya kemajuan pada motivasi siswa dalamkelas, pada pra siklus tingkat ketekunan siswa (14,70%), padasiklus I meningkatmenjadi (42%) dan pada siklus ke II meningkat lagi menjadi (85%), tingkat keuletan siswa pra siklus (6,86%), padasiklus I tingkat keuletan siswa meningkat menjadi (43%), danpadasikluske II meningkat lagi menjadi (82%), untuk tingkat kemandirian siswa pada pra siklus (13,72%), padasiklus I tingkat kemandirian siswa meningkat menjadi (36%), dan pada siklus ke II tingkat kemandirian siswa meningkat lagi menjadi (81%). (2) Penerapan strategi pembelajaran model jigsaw dapat meningkat kanhasil belajar IPS, hal ini ditunjukkan pada hasil tes. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 17,6, siklus I meningkat menjadi 47,5, danpadasikluske II meningkat menjadi 88,3. Dengan bukti perhitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran model jigsaw dapa tmeningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 2 TrunuhKlaten Selatan, Klaten tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi dan hasil belajar, pembelajaran kooperatif jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 May 2014 12:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29115 |
Actions (login required)
View Item |