Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Trunuh Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Yuwono, Ari and , Drs. Muhroji, SE, M.Si (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Trunuh Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD N 2 Trunuh tahun 2013/2014.Penelitian tindakankelas yang terdiri dari II siklus dengan subyek penelitianadalah siswa kelas V SD N 2 Trunuh yang terdiri dari 17 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 10 anak dan siswa perempuan sebanyak 7 anak. Analisis data untuk kedua data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengandeskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap aktifitas belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II.Perbandingan juga dilakukan dengan terhadap nilai teskondisi awal, siklus I dan siklus II, kemudian di refleksi.Hasil penelitian menyimpulkan yaitu : (1) penerapan strategi pembelajaran model jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. Hal ini di tunjukkan adanya kemajuan pada motivasi siswa dalamkelas, pada pra siklus tingkat ketekunan siswa (14,70%), padasiklus I meningkatmenjadi (42%) dan pada siklus ke II meningkat lagi menjadi (85%), tingkat keuletan siswa pra siklus (6,86%), padasiklus I tingkat keuletan siswa meningkat menjadi (43%), danpadasikluske II meningkat lagi menjadi (82%), untuk tingkat kemandirian siswa pada pra siklus (13,72%), padasiklus I tingkat kemandirian siswa meningkat menjadi (36%), dan pada siklus ke II tingkat kemandirian siswa meningkat lagi menjadi (81%). (2) Penerapan strategi pembelajaran model jigsaw dapat meningkat kanhasil belajar IPS, hal ini ditunjukkan pada hasil tes. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 17,6, siklus I meningkat menjadi 47,5, danpadasikluske II meningkat menjadi 88,3. Dengan bukti perhitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran model jigsaw dapa tmeningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 2 TrunuhKlaten Selatan, Klaten tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar, pembelajaran kooperatif jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2014 12:18
Last Modified: 14 Oct 2021 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item