Penerapan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Negeri 2 Danguran Klaten Selatan Tahun 2013/2014

Dhini ,, Kenyo Wulan and , rs.Muhroji,SE,M.Si. (2014) Penerapan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Negeri 2 Danguran Klaten Selatan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_kenyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (384kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Danguran, Klaten Selatan. Jenis penlitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK),Subyek dalam penelitian adalah siswa dan guru kelas VI SD Negeri 2 Danguran tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa kelas VI SD Negeri 2 Danguran tahun 2013/2014 sebanyak 28 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi dan Wawancara, peneliti menggunakan validitas triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian aktivitas dan hasil belajar pada kondisi awal nilai rata-rata siswa adalah 60 kemudian setelah diberi tindakan padasiklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66, dan setelah tindakan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,25. Ketuntasan siswa pada kondisi awal sebesar 43% atau 10 orang siswa yang tuntas, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 50% atau 14 siswa yang tuntas, dan setelah tindakan pada siklus II menjadi 90% atau 25 siswa yang tuntas. Aktivitas siswa dari kondisi awal sebesar 52%, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 68%, dan setelah diberi tindakan siklus II menjadi 80%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan strategi Snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Danguran dengan materi sisem penanggalan semester genap tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Snowball throwing, aktivitas dan hasil belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2014 12:04
Last Modified: 21 Oct 2021 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29112

Actions (login required)

View Item View Item