Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Inkuiri Bagi Siswa Kelas IV SDN I Ngemplak Tahun 2013/2014

Yulaicha, Siti and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Inkuiri Bagi Siswa Kelas IV SDN I Ngemplak Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (433kB)

Abstract

Siti Yulaicha, A54B111017, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014, 71 hlmn. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran IPA kelas IV di SDN I NGEMPLAK serta mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Subyek penelitian tindakan adalah siswa kelas IV SDN I NGEMPLAK yang berjumlah 28 siswa, yaitu siswa laki-laki berjumlah 16 dan siswa perempuan berjumlah 12 siswa. Metode Pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (42,8%), siklus I sebanyak 17 siswa (60,07%), siklus II sebanyak 23 siswa (82,1%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran IPA pada materi Perubahan Bentuk Benda dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN I NGEMPLAK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar, metode inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2014 11:53
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item