Pengembangankemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok BTK Pilangsari 1, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Sumarsi, Sumarsi and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2014) Pengembangankemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok BTK Pilangsari 1, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada anak Kelompok B TK Pilangsari 1.Tujuan umum yang ingin dicapai adalah: (1) Meningkatkan kemampuan berbicara anak TK Pilangsari 1; (2) Meningkatkan keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan bermain peran; (3) Meningkatkan kreatifitas anak dalam melakukan kemampuan berbicara melalui bermain peran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data pengamatan (observasi), kajian dokumen (RBP) dan hasil tes langsung. Hasil yang dicapai telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan ditandai meningkatnya ketuntasan pembelajaran (nilai A dan B). Kenaikan tersebut adalah dari pra siklus 45%; pada siklus 1 menjadi 60% meningkat pada siklus 2 menjadi 70% dan mencapai hasil akhir pada siklus 3 menjadi 85%. Maka berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan ketuntasan pembelajaran 85%, sehingga perbaikan pembelajaran dapat dinyatakan berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, metode bermain peran, anak TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 10:16
Last Modified: 20 Oct 2021 01:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28958

Actions (login required)

View Item View Item