Hartiwi, Tri and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B Di TK Al Islam Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPANN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (668kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (670kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Al Islam Kadioiro, Sambirejo, Sragen. Penelitian ini mengacu pada Penelitian Khamidah (2010) yang berjudul “Penggunaan Metode Karyawisata dalam Peningkatan Kecerdasan Naturalis Pada Kelompok B di RA Tarbiyatus Shibyan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan”. Menyimpulkan bahwa penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian Sari, Aida, Rika (2010), yang berjudul “Penggunaan Messy Play dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B di RA Persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruhan”. Menyimpulkan bahwa kecerdasan naturalis pada usia 5-6 tahun dapat di tingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan messy play. Penelitian Miftakhul Jannah, Endro Wahyuno, Pramono yang berjudul “Penerapan Kegiatan Bermain Apotik Hidup untuk Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di TK Darussalam Kabupaten Malang”. Menyimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan bermain apotik hidup dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Untuk itu peneliti ingin meningkatkan hasil pembelajaran melalui metode eksperimen, dengan harapan peningkatan hasil belajar dapat terwujut. Subyek penelitan adalah anak kelompok B TK Al Islam Kadipiro,Sambirejo, Sragen. Penelitian di lakukan dengan menggunakan metode eksperimen, yang di laksanakan secara bertahap yaitu siklus I dan siklus II dengan hasil menunjukan peningkatan kecerdasan naturalis anak di setiap siklusnya. Data di kumpulkan memeli observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya di lakukan setiap selesai satu siklus baik hasil tes maupun hasil observasi pada siklus yang sedang di laksanakan di bandingkan dengan siklus sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan naturalis anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,6% dengan prosentase 29%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 15,5% dengan prosentase 48%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 25,8% dengan prosentase 80,15%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan naturalis, metode eksperimen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 May 2014 08:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28953 |
Actions (login required)
View Item |