Ngadinem, Ngadinem and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2014) Upaya Mengembangkan Kreativitas Berbahasa Lisan Melalui Permainan Permata Tersembunyi Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Celep 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (740kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (483kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum :Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh permainan permata tersembunyi terhadap kreatifitas berbahasa lisan anak.Tujuan khusus :Untuk mengetahui peningkatan kreativitas berbahasa lisan anak Taman Kanak- Kanak Kelompok B, melalui permainan permata tersembunyi di TK PGRI 3 Celep, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang biasa disingkat PTK, dalam rangka memecahkan masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh anak kelompok B TK PGRI 3 Celep Kecamatan Kedawung Kabupaen Sragen Tahun 2013/2014. Jumlah anak kelompok B tersebut adalah 20 anak. Peneliti bertindak sebagai guru kelas. Hasil penelitian : bermain permata tersembunyi dapat mengembangkan kreativitas berbahasa lisan anak. Hal ini terbukti adanya pengembangan kreativitas berbahasa lisan anak dari pra siklus ke siklus I dan siklus II, pra siklus keadaan kreatifitas berbahasa lisan anak hanya 25 % yang mampu berkreativitas berbahasa l, dan untuk permainan permata tersembunyi 25%., yang mampu berkreativitas berbahasa lisan. Setelah diadakan tindakan ternyata pada siklus I meningkat menjadi 37,92% untuk kreativita berbahasa lisan,penilaian permainan permata tersembunyi meningkat 38.8%. Ternyata pada tindakan siklus II dapat mencapai tingkat keberhasilan kreativitas berbahasa lisan anak mencapai 45,8 dan pelaksanaan permaian permata teresmbunyi sebesar 46,8%. Kemudian pada siklus III terjadi peningkatkan menjadi 85,6%. Untuk kreativita berbahasa lisan dan untuk 87,3% pelaksanaan permainan permata tersembunyi. Jadi dengan kegiatan bermain permata tersembunyi dapat mengembangkan kerativitas berbahasa lisan anak di TP PGRI 3 Celep, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada khususnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Berbahasa Lisan, Permainan Permata Tersembunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 May 2014 07:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28948 |
Actions (login required)
View Item |