Upaya Mengembangkan Kreativitas Berbahasa Lisan Melalui Permainan Permata Tersembunyi Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Celep 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Ngadinem, Ngadinem and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2014) Upaya Mengembangkan Kreativitas Berbahasa Lisan Melalui Permainan Permata Tersembunyi Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Celep 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (483kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan umum :Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh permainan permata tersembunyi terhadap kreatifitas berbahasa lisan anak.Tujuan khusus :Untuk mengetahui peningkatan kreativitas berbahasa lisan anak Taman Kanak- Kanak Kelompok B, melalui permainan permata tersembunyi di TK PGRI 3 Celep, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang biasa disingkat PTK, dalam rangka memecahkan masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh anak kelompok B TK PGRI 3 Celep Kecamatan Kedawung Kabupaen Sragen Tahun 2013/2014. Jumlah anak kelompok B tersebut adalah 20 anak. Peneliti bertindak sebagai guru kelas. Hasil penelitian : bermain permata tersembunyi dapat mengembangkan kreativitas berbahasa lisan anak. Hal ini terbukti adanya pengembangan kreativitas berbahasa lisan anak dari pra siklus ke siklus I dan siklus II, pra siklus keadaan kreatifitas berbahasa lisan anak hanya 25 % yang mampu berkreativitas berbahasa l, dan untuk permainan permata tersembunyi 25%., yang mampu berkreativitas berbahasa lisan. Setelah diadakan tindakan ternyata pada siklus I meningkat menjadi 37,92% untuk kreativita berbahasa lisan,penilaian permainan permata tersembunyi meningkat 38.8%. Ternyata pada tindakan siklus II dapat mencapai tingkat keberhasilan kreativitas berbahasa lisan anak mencapai 45,8 dan pelaksanaan permaian permata teresmbunyi sebesar 46,8%. Kemudian pada siklus III terjadi peningkatkan menjadi 85,6%. Untuk kreativita berbahasa lisan dan untuk 87,3% pelaksanaan permainan permata tersembunyi. Jadi dengan kegiatan bermain permata tersembunyi dapat mengembangkan kerativitas berbahasa lisan anak di TP PGRI 3 Celep, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada khususnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Berbahasa Lisan, Permainan Permata Tersembunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 07:48
Last Modified: 19 Oct 2021 17:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item