Sari, Laili Rosiana and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Menggambar Melalui Bermain Finger Painting Pada Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah IV Ringinanom Sragen Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (486kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (258kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan menggambar melalui bermain dalam upaya meningkatkan kemampuan menggambar finger painting. Metode penelitian yang dipergunakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus yang dipergunakan sampai dua siklus diawali dari pra siklus. Setiap tahapan siklus melakukan langkah sama, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan anak pada Kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah IV Ringinanom Sragen Tahun 2013/2014 sejumlah 27 anak yang terdiri dari putra dan putri. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara atau diskusi, dan dokumentasi hasil kemampuan belajar mengambar anak. Teknik analisa data menggunakan metode kuantitatif. Data dianalisis dengan cara membandingkan sebelum dan sesudah dilakukan penelitian. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif komperatif. Perbandingan ini untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kematangan bakat anak dalam hal menggambar. Hasil analisa siklus kemampuan menggambar sebelum dilakukan penelitian rata-rata kelas 1,2 dengan prosentase 30%. Pada siklus pertama kemampuan belajar menggambar mencapai 50% rata-rata kelas 2,0. Siklus kedua hasil kemampuan belajar mencapai 80%. Rata-rata kelas 3,2.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menggambar, bermain finger painting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 May 2014 10:17 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28939 |
Actions (login required)
View Item |