Muntari, Yuyuk and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Sragenkabupaten Sragen Tahun Ajaran2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan balok cuisenaire pada anak kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 2 Ngledok Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen tahun 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sragen.Tahun 2013/2014, yang berjumlah 18 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam tiga siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokomentasi,Catatan lapangan. Data variable meliputi data kemampuan mengenal konsep bilangan dan data pelaksanaan bermain balok Cuisenaire. Data kemampuan mengenal konsep bilangan dianalisis dengan analisis komparatif dan pelaksanaan bermain balok Cuisenaire dengan analisis interaktif. Tehnik analisis data menggunakan analisis diskriptif komperatif yaitu membandingkan prosentase pencapaian , setiap anak dengan prosentase keberhasilan yang telah di tentukan peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan balok cuisenaire. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak pra siklus mencapai 40,1%, siklus pertama meningkat 61,25%, siklus kedua meningkat menjadi 75,3% dan siklus ketiga meningkat menjadi 81,5%. .Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan permainan balok Cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan balok Cuisenaire. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 May 2014 08:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28933 |
Actions (login required)
View Item |