Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Realia Kelas IV SD Negeri Wonosaren I No. 42 Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Wulandari, Tri Mitalia Endah and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Realia Kelas IV SD Negeri Wonosaren I No. 42 Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (276kB)

Abstract

Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media realia pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang terdiri dari 41 siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I. berdasarkan pengamatan hasil akhir aktivitas siswa pra tindakan siswa yang aktif dalam pemberian appersepsi sebanyak 18 siswa (43%) , siklus I 28 siswa (68,3%), siklus II mengalami peningkatan menjadi 37 siswa (90,2%) , siswa yang aktif selama proses pembelajaran pra tindakan 16 siswa (39%), siklus I 26 siswa (63,4%), siklus II 38 siswa (90,7%), siswa yang bekerjasama dengan baik dalam kelompok siklus I 22 siswa (53,7%), siklus II 38 siswa (90,7%). Sedangkan dilihat dari hasil tes pada pra tindakan ketuntasan belajar siswa mencapai 39% dengan rata-rata kelas 60,7, siklus I 73,2% dengan rata-rata kelas 70,5 dan siklus II 87,8% dengan rata-rata kelas 78,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, hasil, belajar, media, realia, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2014 09:46
Last Modified: 19 Oct 2021 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28899

Actions (login required)

View Item View Item