Wulandari, Tri Mitalia Endah and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Realia Kelas IV SD Negeri Wonosaren I No. 42 Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (199kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
Abstract
Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media realia pada siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang terdiri dari 41 siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian melalui penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I. berdasarkan pengamatan hasil akhir aktivitas siswa pra tindakan siswa yang aktif dalam pemberian appersepsi sebanyak 18 siswa (43%) , siklus I 28 siswa (68,3%), siklus II mengalami peningkatan menjadi 37 siswa (90,2%) , siswa yang aktif selama proses pembelajaran pra tindakan 16 siswa (39%), siklus I 26 siswa (63,4%), siklus II 38 siswa (90,7%), siswa yang bekerjasama dengan baik dalam kelompok siklus I 22 siswa (53,7%), siklus II 38 siswa (90,7%). Sedangkan dilihat dari hasil tes pada pra tindakan ketuntasan belajar siswa mencapai 39% dengan rata-rata kelas 60,7, siklus I 73,2% dengan rata-rata kelas 70,5 dan siklus II 87,8% dengan rata-rata kelas 78,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wonosaren I, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, hasil, belajar, media, realia, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 May 2014 09:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28899 |
Actions (login required)
View Item |