Kumalasari, Yunita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (244kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sains melalui metode bermain pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) mendeskripsikan implementasi pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisiyah Tunggulsari pada Anak kelompok B di Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 apakah sesuai dengan prinsipprinsip pembelajaran sains. 3) mengidentifikasi faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran sains melalui metode bermain pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi , dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik alur yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan1. Terdapat berbagai macam contoh permainan dalam pembelajaran sains yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sains kepada anak di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta antara lain : 1. Pencampuran warna, Permainan magnet dan Tenggelam Terapung 2. Implementasi pembelajaran sains di TK Aisyiyah Tunggulsari sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran sains dibuktikan dengan materi yang disampaikan berdasarkan konsep-konsep dasar yang perlu dimiliki oleh anak dalam belajar sains antara lain bersifat kongkret, bersifat pengenalan, sesuai dengan prinsip DAP, mengembangkan kecerdasan dan menggunakan esensi bermain 3. Faktor pendukung dan penghambat proses kegiatan pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisyiyah Tunggulsari meliputi: 1) Kegiatan dilakukan pada saat awal kegiatan, Adanya buku Penghubung, Kegiatan permainan yang familiar. Namun yang menjadi penghambat pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisyiyah Tunggulsari antara lain: Tempat atau lokasi sekolah, Biaya yang cukup banyak, Kurangnya atau terbatasnya waktu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sains, Metode Bermain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 May 2014 08:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28894 |
Actions (login required)
View Item |