Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Kumalasari, Yunita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sains melalui metode bermain pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) mendeskripsikan implementasi pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisiyah Tunggulsari pada Anak kelompok B di Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 apakah sesuai dengan prinsipprinsip pembelajaran sains. 3) mengidentifikasi faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran sains melalui metode bermain pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi , dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik alur yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan1. Terdapat berbagai macam contoh permainan dalam pembelajaran sains yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sains kepada anak di TK Aisyiyah Tunggulsari Kecamatan Laweyan, Surakarta antara lain : 1. Pencampuran warna, Permainan magnet dan Tenggelam Terapung 2. Implementasi pembelajaran sains di TK Aisyiyah Tunggulsari sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran sains dibuktikan dengan materi yang disampaikan berdasarkan konsep-konsep dasar yang perlu dimiliki oleh anak dalam belajar sains antara lain bersifat kongkret, bersifat pengenalan, sesuai dengan prinsip DAP, mengembangkan kecerdasan dan menggunakan esensi bermain 3. Faktor pendukung dan penghambat proses kegiatan pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisyiyah Tunggulsari meliputi: 1) Kegiatan dilakukan pada saat awal kegiatan, Adanya buku Penghubung, Kegiatan permainan yang familiar. Namun yang menjadi penghambat pembelajaran sains melalui metode bermain di TK Aisyiyah Tunggulsari antara lain: Tempat atau lokasi sekolah, Biaya yang cukup banyak, Kurangnya atau terbatasnya waktu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Metode Bermain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2014 08:10
Last Modified: 19 Oct 2021 04:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28894

Actions (login required)

View Item View Item