Peran Griya Al-Qur'an Dalam Pendidikan Islam Bagi Ibi-Ibu Peserta Pengajian Di Perumahan Baturan Tahun 2013

Nurbaiti, Azizah and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Peran Griya Al-Qur'an Dalam Pendidikan Islam Bagi Ibi-Ibu Peserta Pengajian Di Perumahan Baturan Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (427kB)

Abstract

Hakikat pendidikan Islam adalah proses membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak didik agar menjadi manusia dewasa sesuai tujuan pendidikan Islam. Salah satu sistem yang memungkinkan proses kependidikan Islam berlangsung secara konsisten dan berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuannya adalah kelembagaan kependidikan Islam. Griya al-Qur’an adalah sebuah lembaga yang berkiprah di bidang pendidikan Islam non formal yang dikhususkan bagi ibu-ibu. Lembaga ini didirikan sebagai langkah dakwah dan pembinaan kepada masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu di perumahan Baturan agar lebih memahami ajaran Islam. Penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang peran Griya al-Qur’an sebagai lembaga pendidikan Islam non formal bagi ibu-ibu peserta pengajian di perumahan Baturan melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Griya al-Qur’an dalam pendidikan Islam bagi ibu-ibu di perumahan Baturan tahun 2013. Searah dengan tujuan tersebut maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode deskriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah pendiri, pengajar dan ibu-ibu peserta pengajian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga langkah : 1) reduksi data 2) penyajian data 3) verifikasi atau kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa peran Griya al-Qur’an dalam pendidikan Islam bagi ibu-ibu peserta pengajian di perumahan Baturan tahun 2013 berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari berjalannya fungsi Griya al-Qur’an sebagai lembaga pendidikan Islam non formal dan terlaksananya kegiatankegiatan keislaman di Griya al-Qur’an seperti pengajian tafsir dengan metode ceramah, tahsin dan tajwid dengan metode talaqqi dan muri-Q, pembelajaran bahasa Arab dengan metode Tamyiz, kajian fiqh dengan metode ceramah dan tahfidz (setoran hafalan al-Qur’an). Peningkatan pemahaman ibu-ibu tentang Islam dapat dilihat dari bacaan al-Qur’an yang sesuai dengan tahsin dan tajwid, berusaha berpakaian sesuai syari’at, bisa mengerti bahasa Arab dan berkurangnya kegiatan-kegiatan yang dalam Islam tidak disyari’atkan seperti yasinan, berjanjen dan lain sebagainya. Untuk mencapai keberhasilan yang maksimal, tentunya perlu usaha dan kerja keras dari berbagai pihak baik dari pengurus, penanggung jawab maupun dari masyarakat sekitar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pendidikan Islam, Lembaga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 12:36
Last Modified: 20 Oct 2021 01:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item