Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini Korban Broken Home Di Pos PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Nugraheni, Putri Novitasari and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Willi Astuti, S.Pd., M.Hum. (2014) Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini Korban Broken Home Di Pos PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan psikologis anak usia dini korban broken home di Pos PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian pada penulisan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap perkembangan psikologis anak usia dini korban broken home. Subjek penelitian adalah seorang anak pada Pos PAUD Ananda Bowan yang merupakan anak korban broken home. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perceraian mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan anak, terutama perhatian dan kasih sayang (asih) yang seharusnya didapatkan dari kedua orangtuanya, akan tetapi Anisa tetap memiliki rasa aman, mendapatkan perlindungan, tidak minder, suka berempati, berbagi dengan yang lain serta anak suka menjadi lebih mencari perhatian dengan orang lain. Anisa merupakan anak korban broken home mengalami perkembangan sosial emosional yang sesuai dengan anak seusianya. Lingkungan sekitar rumah dan sekolah yang peduli dan memberikan perhatian yang baik terhadap anak korban broken home dapat membantu perkembangan sosial emoosional anak berkembang sesuai tingkat perkembangannya sehingga Anisa tidak memerlukan penanganan khusus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkembangan psikologis, broken home.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2014 12:01
Last Modified: 16 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28842

Actions (login required)

View Item View Item