Nugraheni, Putri Novitasari and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Willi Astuti, S.Pd., M.Hum. (2014) Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini Korban Broken Home Di Pos PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan psikologis anak usia dini korban broken home di Pos PAUD Ananda Bowan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian pada penulisan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap perkembangan psikologis anak usia dini korban broken home. Subjek penelitian adalah seorang anak pada Pos PAUD Ananda Bowan yang merupakan anak korban broken home. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perceraian mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan anak, terutama perhatian dan kasih sayang (asih) yang seharusnya didapatkan dari kedua orangtuanya, akan tetapi Anisa tetap memiliki rasa aman, mendapatkan perlindungan, tidak minder, suka berempati, berbagi dengan yang lain serta anak suka menjadi lebih mencari perhatian dengan orang lain. Anisa merupakan anak korban broken home mengalami perkembangan sosial emosional yang sesuai dengan anak seusianya. Lingkungan sekitar rumah dan sekolah yang peduli dan memberikan perhatian yang baik terhadap anak korban broken home dapat membantu perkembangan sosial emoosional anak berkembang sesuai tingkat perkembangannya sehingga Anisa tidak memerlukan penanganan khusus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan psikologis, broken home. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2014 12:01 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28842 |
Actions (login required)
View Item |