Setyowati, Lilis and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sepat 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III SD Negeri Sepat 2 Sragen tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri Sepat 2 Sragen yang berjumlah 25 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru peneliti. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf yang dimiliki oleh siswa kelas III SD Negeri Sepat 2 tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator kemampuan menulis paragraf yang mencakup: 1) Isi gagasan yang dikemukakan sebelum tindakan 56%, siklus I 72%, siklus II 88%. 2) Pengorganisasian isi sebelum tindakan 52%, siklus I 68%, siklus II 88%. 3) Tata bahasa dan pola kalimat sebelum tindakan 48%, siklus I 68%, siklus II 80%. 4) Kosa kata sebelum tindakan 44%, siklus I 60%, siklus II 88%. 5) Ejaan dan tanda baca sebelum tindakan 28%, siklus I 80%, siklus II 92%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan, nilai rata-rata kelas 57, dengan prosentase ketuntasan sebesar 32%. Siklus I nilai rata-rata kelas 70,76 , dengan prosentase ketuntasan sebesar 64%. Siklus II nilai rata-rata kelas 79,56 , dengan prosentase ketuntasan sebesar 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar menulis paragraf dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri Sepat 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis, pendekatan contextual teaching and learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 11:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28836 |
Actions (login required)
View Item |