Perbandingan Penerapan Strategi Bertukar Pasangan Dan Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SDN Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Jayanti, Miftah and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2014) Perbandingan Penerapan Strategi Bertukar Pasangan Dan Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SDN Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara pembelajaran dengan strategi bertukar pasangan dan strategi Bamboo Dancing pada siswa kelas 5 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta, 2) untuk mengetahui strategi manakah yang memiliki pengaruh lebih besar antara strategi bertukar pasangan dan strategi Bamboo Dancing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelit ian eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 5.1 dan 5.2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan uji independent sample t-test diketahui bahwa thitung < ttabel , yaitu - 0.055 < 2,288. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara penerapan strategi bertukar pasangan dan strategi Bamboo Dancing. Rata-rata hasil belajar IPS kedua kelas menunjukkan bahwa kelas yang menerapkan strategi Bamboo Dancing memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kelas yang menerapkan strategi bertukar pasangan, yaitu 78,11 > 77,95. Namun, perbedaannya tidak signifikan sehingga disimpulkan bahwa strategi Bamboo Dancing sama baik atau setara dengan strategi bertukar pasangan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bertukar Pasangan, strategi Bamboo Dancing, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:22
Last Modified: 19 Oct 2021 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item