Puspoarum, Mutiarasati and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2014) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Winong Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2HALAMAN_DEPAN.pdf Download (314kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
4BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
5BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
PDF (Bab IV)
6BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
PDF (Bab V)
7BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8DAFTAR_PUSTAKA.docx.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
9LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa serta berapa besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Winong yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel bimbingan belajar orang tua (variabel bebas atau variabel X) dan prestasi belajar (variabel terikat atau variabel Y). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan; angket, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Penilaian angket menggunakan Skala Likert. Untuk uji validitas butir item, digunakan rumus product moment angka kasar, sedangkan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas metode Lilliefors. Pada analisis data, digunakan uji keberartian regresi satu prediktor, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y= 39,480 + 0,734X. Untuk hasil analisis data uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (4,733)>ttabel (2,110). Karena thitung berada didaerah penolakan H0 maka ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar. Untuk hasil uji koefisien determinasi didapatkan r kuadrat sebesar 0,569 yang berarti 56,9% nilai variabel Y dapat dijelaskan oleh nilai variabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah :1) ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SDN 3 Winong, 2) pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orangtua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 56,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan, belajar, orang tua, prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2014 08:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28825 |
Actions (login required)
View Item |