Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Winong Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Puspoarum, Mutiarasati and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2014) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Winong Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
4BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
5BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab IV)
6BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
7BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8DAFTAR_PUSTAKA.docx.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
9LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa serta berapa besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Winong yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel bimbingan belajar orang tua (variabel bebas atau variabel X) dan prestasi belajar (variabel terikat atau variabel Y). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan; angket, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Penilaian angket menggunakan Skala Likert. Untuk uji validitas butir item, digunakan rumus product moment angka kasar, sedangkan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas metode Lilliefors. Pada analisis data, digunakan uji keberartian regresi satu prediktor, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y= 39,480 + 0,734X. Untuk hasil analisis data uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (4,733)>ttabel (2,110). Karena thitung berada didaerah penolakan H0 maka ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar. Untuk hasil uji koefisien determinasi didapatkan r kuadrat sebesar 0,569 yang berarti 56,9% nilai variabel Y dapat dijelaskan oleh nilai variabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah :1) ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SDN 3 Winong, 2) pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orangtua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 56,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, belajar, orang tua, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2014 08:35
Last Modified: 19 Oct 2021 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item