Setiayu, Wiwik and -, Sri Hartini, S.H., M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kalimati Juwangi Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab IV)
Skripsi_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
PDF (Bab V)
Skripsi_bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (36MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA yang berdampak pada hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Kalimati melalui strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Kalimati yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki – laki, dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SDN 2 Kalimati, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar IPA yang berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas terlihat dalam 4 indikator yaitu kemauan memperhatikan penjelasan guru, keberanian untuk mengajukan pertanyaan, keberanian menjawab pertanyaan, mampu mengemukakan ide. Kemauan memperhatikan penjelasan guru pada pra siklus sebanyak 11 siswa sebesar 47,82%, Siklus I sebesar 16 siswa atau sebesar 69,5%, dan Siklus II sebanyak 20 siswa atau sebesar 86,95%. Keberanian mengajukan pertanyaan yaitu pada pra siklus sebanyak 4 siswa atau sebesar 17,39 %, Siklus I sebanyak 11 siswa atau sebesar 47,82 %, dan Siklus II sebanyak 18 siswa atau sebesar 78, 26%. Keberanian untuk menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain yaitu pada pra siklus sebanyak 9 siswa atau sebesar 39,13 %, Siklus I sebanyak 17 siswa atau sebesar 73,91 %, dan Siklus II sebanyak 19 siswa atau sebesar 82,60 %. Mampu mengemukakan ide yaitu pada pra siklus sebanyak 7 siswa atau 30,43 %%, Siklus I sebanyak 14 siswa atau sebesar 60,86 %, dan Siklus II sebanyak 17 atau sebesar 76,34 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Kalimati tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Practice Rehearsal Pairs, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2014 08:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28822 |
Actions (login required)
View Item |