Utami, Sumber Tri and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Penggunaan Media Lagu (Nyanyian) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
06._AB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media lagu (nyanyian).Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan.Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 yang berjumlah 16 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data bersifat kualitatif dimana datanya dianalisis mulai dari hasil wawancara, observasi, dan pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan disususun dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan penggunaan media lagu (nyanyian) yang dapat dilihat dari peningkatan minat belajar tiap indikatornya yaitu 1) ketertarikan siswa meningkat dari pra siklus yaitu 31,25%, menjadi 43,75% pada siklus I, dan 75% pada siklus II. 2) perhatian siswa meningkat dari pra siklus yaitu 37,5%, menjadi 62,5% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. 3) keterlibatan aktif siswa meningkat dari pra siklus yaitu 25%, menjadi 50% pada siklus I, dan 75% pada siklus II. Begitu pula hasil belajar yang juga mengalami peningkatan prosentase ≥ 75% dari dari pra siklus yaitu dari 43,75% menjadi 62,5% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan media lagu (nyanyian) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Minat belajar, Media lagu (nyanyian) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2014 07:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28819 |
Actions (login required)
View Item |