HASANAH, SHOLIHAH NUR and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (225kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_1.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (73kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran bahasa Indonesia melalui metode tebak kata pada siswa kelas II SD Negeri 01 Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas II SD Negeri 01 Jetis yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa kelas II SD Negeri 01 Jetis Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Siswa yang berani berbicara pada siklus II mencapai 23 siswa (85,18). Siswa yang menggunakan struktur kalimat pada siklus II mencapai 22 siswa (81,48%). Siswa yang lancar menyampaikan kalimat pada siklus II mencapai 22 siswa (81,48%). Siswa tepat memilih kata pada siklus II mencapai 24 siswa (88,89%). Siswa yang tepat mengungkapkan gagasan pada siklus II mencapai 22 siswa (81,48%). Siswa yang jelas vokalnya ketika berbicara pada siklus II mencapai 22 siswa (81,48%). Siswa yang tepat intonasinya ketika berbicara pada siklus II mencapai 22 siswa (81,48%). Siswa yang melakukan kontak mata dengan pendengar pada siklus II mencapai 23 siswa (85,18%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode tebak kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SD Negeri 01 Jetis kecamatn Jaten kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Metode Tebak Kata |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2014 12:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28810 |
Actions (login required)
View Item |