IRAWAN, SATRIA and , Siti Arifah, S.Kp., M.Kes (2014) Gambaran Perilaku Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Toddler Di Pendidikan Anak Usia Dini Mekarsari Pucangombo Tegalombo Pacitan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (159kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (498kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti keluarga. Peran aktif orang tua terhadap perkembangan anak sangat diperlukan terutama pada saat anak masih berada diusia 1-3 tahun. Ibu berperan sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga sehingga ibu harus menyadari untuk mengasuh anak secara baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran perilaku ibu dalam menstimulasi perkembangan motorik anak toddler di Pendidikan Anak Usia Dini MekarsariPucangombo Tegalombo Pacitan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu dari anak toddler yang berada di PAUD Mekarsari yang berjumlah 52 anak, proses pengambilan sampel menggunakan cara total sampling pada bulan 23 desember – 4 januari 2014. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner tentang perilaku ibu dalam menstimulasi perkembangan motorik anak dengan jumlah pertanyaan 20 mengunakan bentuk pertanyaan tertutup. Hasil dari 52 responden yang mempunyai perilaku menstimulasi perkembangan motorik kasar anak yang tergolong baik ada 7 orang (13,5%), tergolong cukup sebanyak 23 orang (44,2%), dan yang tergolong kurang ada 22 orang (42,3%), dan responden yang mempunyai perilaku menstimulasi perkembangan motorik halus anak yang tergolong baik hanya ada 6 orang (11,5%), yang tergolong cukup sebanyak 16 orang (30,8%), dan yang tergolong kurang sebanyak 30 orang (57,7%). Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden yang berperilaku menstimulasi perkembangan motorik kasar anak tergolong cukup dan sebagian besar perilaku ibu menstimulasi perkembangan motorik halus anak masih tergolong kurang dan disararankan kepada responden dan pengelola sekolah PAUD untuk lebih sering memberikan stimulasi kepada anak sesuai periode perkembangannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, stimulasi perkembangan motorik anak toddler |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2014 05:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28787 |
Actions (login required)
View Item |