Febriyanti, Dwi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok (Partisipatif) Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Ngemplak-Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (635kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf Download (653kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian : (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak dengan menggunakan strategi pembelajaran Kelompok (Partisipatif); (2.) Mengetahui cara menerapkan strategi pembelajaran kelompok (partisipatif) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Dimana tiapa siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisi interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I dari 18 siswa terdapat siswa yang telah tuntas sebanyak 7 siswa dengan presentase 37 % ; sedangkan siklus II sebanyak 14 siswa dengan presentase 83 % ; dan siklus III sebanyak 17 siswa sudah mencapai ketuntasan dengan presentase 94 %. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dirumuskan yaitu “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Kelompok Partisipatif pada siswa kelas IV SDN 03 Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012”. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat diterima atau terjawab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, pembelajaran, kelompok, partisipatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 08:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28782 |
Actions (login required)
View Item |