Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok (Partisipatif) Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Ngemplak-Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012

Febriyanti, Dwi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok (Partisipatif) Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Ngemplak-Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf

Download (653kB)

Abstract

Tujuan Penelitian : (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak dengan menggunakan strategi pembelajaran Kelompok (Partisipatif); (2.) Mengetahui cara menerapkan strategi pembelajaran kelompok (partisipatif) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Dimana tiapa siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisi interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I dari 18 siswa terdapat siswa yang telah tuntas sebanyak 7 siswa dengan presentase 37 % ; sedangkan siklus II sebanyak 14 siswa dengan presentase 83 % ; dan siklus III sebanyak 17 siswa sudah mencapai ketuntasan dengan presentase 94 %. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dirumuskan yaitu “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Pembelajaran Kelompok Partisipatif pada siswa kelas IV SDN 03 Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012”. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat diterima atau terjawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar, pembelajaran, kelompok, partisipatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Apr 2014 08:42
Last Modified: 19 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28782

Actions (login required)

View Item View Item