Widyastuti, Darti Retno and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar Ipa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (738kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (600kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri dengan penerapan strategi learning start with a question. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Sidoharjo Wonogiri dengan jumlah 16 siswa, subyek pelaku tindakan yaitu guru . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam belajar IPA yang dapat dilihat dari indikator-indikator partisipasi belajar yang mencakup: 1) kesediaan untuk memperhatikan, 2) aktif mengajukan pertanyaan, 3) aktif menjawab pertanyaan, dan 4) keaktifan mengajukan pendapat, meningkat dari Pra Siklus 37,50 %, Siklus I Pertemuan I 43,75%, Siklus I Pertemuan II 56,25%, Siklus II Pertemuan I 75,00%, Siklus II Pertemuan II 81,25%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata 68,50, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,81, dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,12. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi learning start with a question dapat meningkatkan partisipasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Belajar, IPA, Strategi Learning Start With A Question |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 08:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28779 |
Actions (login required)
View Item |