Efektivitas Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 5 Sd Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2013-2014

SETYAWARDANA, DONI OCTA and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Efektivitas Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 5 Sd Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
04._HALAMN_JUDUL.pdf

Download (761kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
05.BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (BAB II)
06.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (BAB III)
07.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB IV)
08.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (BAB V)
09.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

terhadap hasil belajar IPS siswa ketika diterapkan pada proses pembelajaran di kelas 5 SD Negeri 1 Kayen, Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas 5 SD Negeri 1 Kayen, Pati dan obyek penelitian yaitu media komik dan hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, tes, dan dokumentasi. Perlakuan dilakukan dengan pembelajaran pada satu kelas dengan dua jenis pembelajaran yang berbeda dan antara pembelajaran pertama dan kedua diberikan tenggang waktu selama satu minggu.Pembelajaran yang pertama yaitu pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran yang kedua yaitu pembelajaran dengan menggunakan media komik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf sigifikansi 5% diperoleh: t hitung sebesar -5,832 sedangkan t tabelsebesar -2,018 jadi t hitung < t tabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media komik efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media komik,hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:31
Last Modified: 19 Oct 2021 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28764

Actions (login required)

View Item View Item