Winda P, Uswatun Hasanah Isna and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (527kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (BAa V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (410kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar siswa. (2) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) Mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasem. Sampel dalam penelitian adalah semua siswa kelas IV yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Lingkungan tempat tinggal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,283 > 2,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,031 dengan sumbangan relatif sebesar 18,99 % dan sumbangan efektif sebesar 10,23%. (2) Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,824 > 2,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009 dengan sumbangan relatif sebesar 20,10 % dan sumbangan efektif sebesar 10,83 %. (3) Lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis keberartian regresi berganda (uji F) diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 15,177 > 3,32 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,00. Dari hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,539 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 53,9 %, sedangkan sisanya 46,1 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan, Fasilitas, Prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 09:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28755 |
Actions (login required)
View Item |