Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran 3T (Telaah, Tebak, Tepat)Kelas IV SD N Sambirembe I Tahun Ajaran 2011/2012

Susilo, Susilo and , Dra. Risminawati, M.Pd and , Drs. Mulyadi, S.H., M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran 3T (Telaah, Tebak, Tepat)Kelas IV SD N Sambirembe I Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Jurnal_Publikasi.pdf

Download (522kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran 3T (TELAAH, TEBAK, TEPAT) pada siswa kelas IV SD N Sambirembe I, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas IV SD N Sambirembe I, Kecamatan Kalijambe Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data menggunakan Trianggulasi data dan Review Informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data observasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran dan analisis hasil wawancara untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan penelitian. Jika dianalisis perolehan skor pada pra-siklus masih biasa-biasa saja. Artinya para siswa masih pasif dalam mengikuti pelajaran. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, penulis menggunakan mengukur dengan menggunakan rata-rata ketuntasan belajar siswa. Dari hitungan tersebut diperoleh data skor memperoleh skor yang lebih besar dari aktivitas belajar siswa Siswa yang telah tuntas belajar hanya siswa yang tergolong pandai di kelas IV, sebanyak 11 siswa pada saat pra-siklus. Meningkatnya jumlah siswa yang telah tuntas belajar menjadi 19 siswa pada siklus I merupakan pertanda bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran 3T dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran 3T dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas IV SD N Sambirembe I, Kecamatan Kalijambe Tahun Ajaran 2011/2012; (2) penerapan model pembelajaran 3T dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD N Sambirembe I, Kecamatan Kalijambe Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Hasil Belajar 3T (telaah, Tebak, Tepat)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 09:35
Last Modified: 19 Oct 2021 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28753

Actions (login required)

View Item View Item