Artika, Yeyen and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS SD Negeri 03 Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (244kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I_SKRIPSI_YEYEN.PDF Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II_SKIPSI_YEYEN.PDF Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III_SKRIPSI_YEYEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV_SKIPSI_YEYEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V_SKRIPSI_YEYEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN_NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI_YEYEN,.pdf Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun ajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu yang terdiri dari 34 siswa. Objek penelitian ini yaitu strategi pembelajaran Team Quiz dan keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS, dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun ajaran 2013/ 2014. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata keaktifan siswa sebelum tindakan 39,21%. Setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa sebesar 65,56% pada siklus I, dan pada akhir tindakan sebesar 81,36% pada siklus II. Selain keaktifan siswa meningkat, hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 20,58% setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 39,41% pada siklus I, dan akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 85,29% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V mata pelajaran IPS SD Negeri 03 Bandardawung Tawangamngu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, Team Quiz |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 08:28 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28747 |
Actions (login required)
View Item |