Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematka Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilaksanakan Di SMK N 9 Surakarta)

Setyowati, Liling Kristin and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematka Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilaksanakan Di SMK N 9 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (702kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam belajar matematika di kelas inklusi. Informan dalam penelitian ini adalah siswa ABK SMK N 9 Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan angket sebagai metode pokok. Metode bantu berupa dokumentasi. Analisis data kualitatif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap ABK mengalami kesulitan dalam belajar matematika di kelas inklusi, kesulitan ABK bervariasi sesuai dengan kebutuhan mereka, bagi ABK tuna wicara dan tuna rungu mengalami kesulitan dalam mendengar selama pelajaran, bagi ABK diskalkulitia mengalami kesulitan dalam menghitung angka dan penerapan dalam soal matematika, ABK yang ber IQ rendah kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, Ada juga yang mengalami kesulitan belajar karena strategi pembelajaran di kelas sangat membosankan, dan guru tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang materi yang dipelajari, guru hanya memberikan rumus. Guru juga tidak memberikan perlakuan khusus untuk ABK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, anak berkebutuhan khusus, inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2014 07:36
Last Modified: 14 Oct 2021 01:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28712

Actions (login required)

View Item View Item