Mahardina, Mahardina and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Matematika (PTK Kelas VIIB MTs Al-Ishlah Pulokulon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (336kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dengan strategi pembelajaran Question Student Have bagi peserta didik kelas VII B MTs Al-Ishlah Pulokulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpualan data penelitian, serta peserta didik kelas VII B yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 6,66%, sesudah tindakan menjadi 50,00%, (2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 16,66%, sesudah tindakan menjadi 46,66%, (3) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 13,33%, sesudah tindakan menjadi 56,66%, (4) mengemukakan ide sebelum tindakan sebesar 3,33%, sesudah tindakan menjadi 16,66%, (5) prestasi belajar matematika pada tes akhir peserta didik yang mendapat nilai ≥ 60 meningkat dari 30% menjadi 76,66%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik kelas VII B MTs Al-Ishlah Pulokulon.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, keaktifan, prestasi belajar, Question Student Have |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2014 09:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28705 |
Actions (login required)
View Item |