Razis, Rita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemandirian Belajar Dalam Penyelesaian Soal Matematika Dengan Strategi Cooperative Group Investigation (Bagi Siswa Kelas XB Semester Genap SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (299kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (810kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan kemandirian belajar dalam penyelesaian soal matematika bagi siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta kelas XB semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan strategi cooperative group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Analisis data yang digunakan dengan alur reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa memiliki rasa tanggungjawab sebelum tindakan 21,21%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 42,42%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 51,51%, 2) siswa tidak tergantung pada orang lain sebelum tindakan 30,30%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 39,39%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 63,63%, 3) siswa memiliki rasa ingin tahu yang besar sebelum tindakan 24,24%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 33,33%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 57,57%, 4) siswa memiliki percaya diri sebelum tindakan hanya 15,15%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 21,21%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 75,75%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi cooperative group investigation dalam penyelesaian soal matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, soal matematika, group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 12:45 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28694 |
Actions (login required)
View Item |