Peningkatan Kemandirian Belajar Dalam Penyelesaian Soal Matematika Dengan Strategi Cooperative Group Investigation (Bagi Siswa Kelas XB Semester Genap SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Razis, Rita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemandirian Belajar Dalam Penyelesaian Soal Matematika Dengan Strategi Cooperative Group Investigation (Bagi Siswa Kelas XB Semester Genap SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (810kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan kemandirian belajar dalam penyelesaian soal matematika bagi siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta kelas XB semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan strategi cooperative group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Analisis data yang digunakan dengan alur reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa memiliki rasa tanggungjawab sebelum tindakan 21,21%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 42,42%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 51,51%, 2) siswa tidak tergantung pada orang lain sebelum tindakan 30,30%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 39,39%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 63,63%, 3) siswa memiliki rasa ingin tahu yang besar sebelum tindakan 24,24%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 33,33%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 57,57%, 4) siswa memiliki percaya diri sebelum tindakan hanya 15,15%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 21,21%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 75,75%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi cooperative group investigation dalam penyelesaian soal matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, soal matematika, group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2014 12:45
Last Modified: 19 Oct 2021 13:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28694

Actions (login required)

View Item View Item