Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Cantol Raudhoh Di TK Dharmawanita Singopadu 2 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Tyastuti, Febriana Herning and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Melalui Metode Cantol Raudhoh Di TK Dharmawanita Singopadu 2 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (587kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui metode cantol raudhoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharmawanita Singopadu 2 Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 banyaknya 16 anak, terdiri atas putra 6 anak dan putri 10 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklusnya dilakukan dua pertemuan. Analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui metode cantol raudhoh. Hal ini ditunjukkan dengan hasil masing-masing siklus yaitu siklus I mencapai 31 % (5 anak yang tuntas), siklus II mencapai 62 % (10 anak yang tuntas), dan siklus III mencapai 87,5 % (14 anak yang tuntas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode cantol raudhoh dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK Dharmawanita Singopadu 2 Sidoharjo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, metode cantol raudhoh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2014 12:10
Last Modified: 19 Oct 2021 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28689

Actions (login required)

View Item View Item