Nurhayati, Dina and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Mojopuro 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (230kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak kelompok A di TK Pertiwi Mojopuro 1, melalui pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi Mojopuro 1, yang berjumlah 16 dengan 11 orang anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data kecerdasan interpersonal menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis data pada pembelajaran kooperatif teknik Make a Match menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini ≥ 2,6 dengan skala 1-4. Hasil penelitian pada prasiklus anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 5 anak atau 31,25%. Pada siklus I anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 10 anak atau 62,5%, dan pada siklus II anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 13 anak atau 81,25%. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok A TK Pertiwi Mojopuro 1 Wonogiri tahun ajaran 013/2014. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Teknik Make a Match |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 11:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 08:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28685 |
Actions (login required)
View Item |