Rakasiwi, Riska Irnanda Putri and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Teori Belajar Bruner Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII Semester Gasal MTsN Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (376kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji :(1) pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap prestasi belajar matematika,(2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika,(3) interaksi antara penerapan teori belajar Bruner dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIIF sebagai kelas kontrol yang dikenai dengan metode konvensional dan kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen yang dikenai dengan penerapan teori belajar Bruner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai ulangan tengah semester gasal tahun 2013/2014) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA= 5,839 (2) ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB=10,155 (3) tidak ada interaksi antara penerapan teori belajar Bruner dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 0,146.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teori Bruner, kemampuan awal, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 09:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28682 |
Actions (login required)
View Item |