Anantotur, Sutan Hade and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question (PTK Kelas VIIB Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (13MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question (LSQ). Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, pengamatan atau observasi, catatan lapangan, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kritis dan komparatif. Teknik analisis kritis digunakan untuk analisis data kualitatif/kata-kata. Teknik analisis komparatif digunakan untuk analisis data kuantitatif/angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa: 1) perhatian atau antusias saat guru memberi penjelasan materi sebelum tindakan 32,3% dan di akhir tindakan mencapai 68,75%, 2) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,375% dan di akhir tindakan mencapai 53,125%, 3) mengerjakan PR atau tugas dari guru sebelum tindakan sebesar 46,875% dan setelah tindakan mencapai 87,5%. Keaktifan belajar siswa meliputi: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 3,125% dan di akhir tindakan mencapai 46,875%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 56,25%, 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 6,25% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question (LSQ) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar bagi siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, learning start with a question, motivasi siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 08:01 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28677 |
Actions (login required)
View Item |