Winarsi, Winarsi and , Dr. Darsinah, M.Si (2013) Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dakon Pada Kelompok B TK Gilirejo I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (303kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (447kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan dakon.Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak TK Gilirejo 1 Kelompok B Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen yang berjumlah 22 sebagai penerima tindakan.Peneliti dan guru teman sejawat sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan berhitung anak dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan dakon.Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi. Data kemampuan berhitung anak di analisis dengan analisis komparatif dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan dakon dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menujukkan bahwa pada prasiklus rata-rata kemampuan berhitung anak 51,52% berarti bahwa hampir semua anak kemampuan berhitungnya baru mulai berkembang. Setelah tindakan siklus I rata -rata kemampuan berhitung anak mencapai 68,56% yang berarti bahwa semua anak dari yang semula baru mulai berkembang sudah dapat berkembang sesuai harapan, walaupun baru sedikit. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II rata -rata kemampuan berhitung anak meningkat 88,45% artinya hampir semua anak dapat berkembang sesuai harapan, bahkan beberapa anak berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan dakon dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak pada Kelompok B TK Gilirejo 1 Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Permianan Dakon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2014 13:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 13:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28673 |
Actions (login required)
View Item |