Winarno, Ardi and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas D Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_ARDI.pdf Download (660kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_ARDIdocx.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_New_ARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_ARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_ARDI_New.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_ARDI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_ARDI.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ARDI.pdf Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 kelas D Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai metode pokok. Metode bantu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika adalah (1) Nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika meliputi religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif dan tanggung jawab, (2) Implementasi nilai-nilai keislaman perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat menjadikan mahasiswa dekat dengan Allah SWT dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, (3) Implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika meliputi mengucapkan salam dan doa sebelum dan sesudah pembelajaran; melafalkan ayat-ayat Al Quran; memotivasi mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik; menanamkan sikap jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab; memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran matematika; memberikan teladan yang baik bagi mahasiswa; mengaitkan materi matematika dengan nilai-nilai keislaman. (4) Mahasiswa menyadari bahwa menerapkan dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap mahasiswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, nilai-nilai keislaman, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2014 09:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28667 |
Actions (login required)
View Item |