Penerapan Model Pembelajaran Learning Exchange Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Partisipasi Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014

Wulandari, Laili and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Learning Exchange Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Partisipasi Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan komunikasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Learning Exchangepada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2013/2014. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif, yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika.Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 15,63% dan akhir tindakan 56,25%, 2) siswa mampu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 21,88%dan akhir tindakan59,38%, 3) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 9,38% dan akhir tindakan53,13%, 4) siswa mampu mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 12,5% dan akhir tindakan50%, 5) Siswa aktif mengerjakan latihan soal sebelum tindakan 46,88%dan akhir tindakan78,13%. Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Exchange dapat meningkatkan komunikasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, partisipasi,Learning Exchange
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 09:05
Last Modified: 19 Oct 2021 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item