Khasanah, Laelatul and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (128kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi tahun 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga alur yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan soal cerita matematika, hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan memahami dan menangkap makna dalam soal cerita, sebelum tindakan 37,5% dan setelah tindakan meningkat menjadi 68,75%, 2) kemampuan memisahkan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanya, sebelum tindakan 40,63% dan setelah tindakan meningkat menjadi 78,13%, 3) kemampuan menggunakan rumus yang sesuai dengan apa yang ditanyakan, sebelum tindakan 28,13% dan setelah tindakan meningkat menjadi 62,5% dan 4) kemampuan menyelesaikan perhitungan dengan rumus yang sesuai, sebelum tindakan 43,75% dan setelah tindakan meningkat menjadi 65,63%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi pada pokok bahasan aritmatika sosial dan perbandingan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning; problem ;soal cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2014 08:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28662 |
Actions (login required)
View Item |