Upaya Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card (Kartu Kata Dan Gambar) Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Pijiharjo Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014

Ernawati, Tuti and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card (Kartu Kata Dan Gambar) Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Pijiharjo Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris melalui media flash card pada anak kelompok B TK Pertiwi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas dilakukan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelompok B sebanyak 17 anak. Objek penelitian kemampuan penguasaan perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang harus dicapai anak memperoleh skor 2,5; pencapaian KKM yang ditargetkan sebanyak 80% anak. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pra siklus 1,9, yang mencapai nilai KKM 0 anak sebanyak 0%, pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 2,5 dan yang telah mencapai KKM 9 anak jadi 52,95%, pada siklus II menjadi 100% atau 17 anak dengan skor rata-rata 3,3. Analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan secara konsisten dari pra siklus, ke siklus I dan ke siklus II. Hasil penelitian yang ditargetkan 80% anak mencapai KKM ternyata diperoleh 100%, telah melebihi target. Penelitian ini dapat disimpulkan, penerapan media flash card dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada anak kelompok B di TK Pertiwi Pijiharjo Manyaran Wonogiri Tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: flash card, kosa kata
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 12:56
Last Modified: 17 Oct 2021 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28654

Actions (login required)

View Item View Item