Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Strategi Estafet Writing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Luqman Al Hakim Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014

Susanti, Anastiya and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Strategi Estafet Writing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Luqman Al Hakim Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (105kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Luqman Al Hakim Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDIT Luqman Al Hakim yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui teknik kualitatif interaktif yang meliputi reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa tergolong rendah. Setelah diterapkannya strategi Estafet Writing keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat dengan prosentase indikator keberhasilan pada indikator tema/ gagasan pada pra siklus mencapai prosentase 44,6% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,5%, organisasi isi pada pra siklus mencapai 39,3% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,8%, tata bahasa pada pra siklus mencapai prosentase 41,1% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 58,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%, struktur dan kosakata pada pra siklus mencapai prosentase 41,1% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 59,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,8% dan ejaan dan tata tulis pada pra siklus mencapai prosentase 44,6% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Estafet Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDIT Luqman Al Hakim Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: narasi, Strategi Estafet Writing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 08:42
Last Modified: 19 Oct 2021 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28589

Actions (login required)

View Item View Item