Persepsi Personal Smp Negeri 1 Surakarta Terhadap Implementasi Bertahap Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Suryanti, Suryanti and , Bapak Prof. Dr. Abdul Ngalim, MM., M.Hum. (2014) Persepsi Personal Smp Negeri 1 Surakarta Terhadap Implementasi Bertahap Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan. (1) Mendeskripsikan persepsi personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap kurikulum 2013. (2) Memaparkan persepsi personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Memaparkan hambatan implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu personal SMP Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi 13 personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap Kurikulum 2013 seimbang antara persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif berasal dari unsur 1 dan unsur 2 dalam Kurikulum 2013. Sedangkan, persepsi negatif berasal dari unsur 3 dan unsur 4 dalam Kurikulum 2013. Lalu, persepsi tentang implementasi Kurikulum 2013 dari 13 personal sekolah hasilnya positif. Karena unsur 1-3 dalam implementasi Kurikulum 2013 hasilnya positif sedangkan, unsur 4 hasilnya negatif. Serta persepsi tentang hambatan implementasi Kurikulum 2013 dari 13 personal sekolah hasilnya negatif. Dilihat dari unsur 1-3 dalam hambatan implementasi Kurikulum 2013 hasilnya negatif sedangkan, unsur 4 hasilnya positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, implementasi kurikulum 2013, pembelajaran bahasa indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2014 08:36
Last Modified: 19 Oct 2021 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28566

Actions (login required)

View Item View Item