Suryanti, Suryanti and , Bapak Prof. Dr. Abdul Ngalim, MM., M.Hum. (2014) Persepsi Personal Smp Negeri 1 Surakarta Terhadap Implementasi Bertahap Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (473kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki 3 tujuan. (1) Mendeskripsikan persepsi personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap kurikulum 2013. (2) Memaparkan persepsi personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Memaparkan hambatan implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu personal SMP Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi 13 personal SMP Negeri 1 Surakarta terhadap Kurikulum 2013 seimbang antara persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif berasal dari unsur 1 dan unsur 2 dalam Kurikulum 2013. Sedangkan, persepsi negatif berasal dari unsur 3 dan unsur 4 dalam Kurikulum 2013. Lalu, persepsi tentang implementasi Kurikulum 2013 dari 13 personal sekolah hasilnya positif. Karena unsur 1-3 dalam implementasi Kurikulum 2013 hasilnya positif sedangkan, unsur 4 hasilnya negatif. Serta persepsi tentang hambatan implementasi Kurikulum 2013 dari 13 personal sekolah hasilnya negatif. Dilihat dari unsur 1-3 dalam hambatan implementasi Kurikulum 2013 hasilnya negatif sedangkan, unsur 4 hasilnya positif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, implementasi kurikulum 2013, pembelajaran bahasa indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2014 08:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 10:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28566 |
Actions (login required)
View Item |