Mustofa, Bakti Zain and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2014) Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus SMK Negeri 1 Plupuh Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (930kB) |
|
|
PDF (Halaman Depam)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
Abstract
Sistem belajar mandiri merupakan sistem pembelajaran yang didasarkan kepada disiplin terhadap diri sendiri yang dimiliki oleh siswa dan disesuaikan dengan keadaan perorangan siswa yang meliputi antara lain kemampuan, kecepatan belajar, kemauan, minat, waktu yang dimiliki, dan keadaan sosial ekonominya. Dalam sistem belajar mandiri siswa diharapkan lebih banyak belajar sendiri atau berkelompok dengan bantuan seminimal mungkin dari orang lain. Kerena itu siswa perlu memiliki kemauan yang kuat dan disiplin yang tinggi dalam melakasanakan kegiatan belajarnya. Kemauan yang keras akan mendorong siswa untuk tidak lekas putus asa dalam menghadapi kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemandirian siswa dalam proses pembelajaran PKn studi kasus di SMK Negeri 1 Plupuh Kabupaten Sragen. Indikator dalam penelitian ini: 1) Kemandirian untuk mengemukakan pendapat, 2) Kemandirian untuk berfikir dan bertidak kreatif dalam mengerjakan tugas, 3) Kemandirian untuk menyelesaikan masalah sendiri tanpa bergantung orang lain, 4) Kemandirian untuk mencapai tujuan, 5) Kemandirian untuk meningkatkan hasil belajar dan prestasi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian siswa dalam mengikuti pembelajaran cukup baik, hal ini dibuktikan dengan siswa sering bertanya pada saat pembelajaran, siswa menambah sumber belajar dari media lain dan siswa juga berinisiatif untuk mengubah pola belajarnya. Adanya opini yang beredar mengenai PKn tidak masuk ujian nasional hal ini berdampak negatif terhadap siswa. Siswa kurang memperhatikan guru dan memiliki rasa malas dalam mengerjakan tugas. Selain itu, penggunaan strategi yang dilakukan oleh guru sudah mengarah kepada tujuan pembelajaan dan upaya guru dalam membangun kemandirian siswa dapat di lihat melalui tugas-tugas yang diberikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Siswa, Proses Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2014 06:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28554 |
Actions (login required)
View Item |