Prasetyo, Anggi Nur and , Drs. Suyahman, M.Si,. MH. (2014) Implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka Nomor 9 Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VII A Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (433kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Dasadarma gerakan Pramuka dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VII A di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi kabupaten Boyolali thaun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini untuk mengetahui tentang, 1) Pelaksanaan karakter tanggung jawab, 2) Implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya, 3) Kendala-kendala yang dihadapi dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggung jawab, 4) Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan, 1) Pelaksanaan karakter tanggung jawab meningkat, dengan belajar mencintai alam melalui kegiatan pertendaan, ketekukan dengan tali temali, bekerja dengan etos kerja tinggi melalui jelajah alam, belajar mengontrol diri dari membuat peta lapangan, 2) Implementasi Dasadarma Nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggungg jawab bisa terwujud karena dalam setiap ekstrakulikuler siswa diwajibkan hafal dan mengamalkan Dasadarma Pramuka, 3) Kendala-kendala yang dihadapi dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 adalah kurangnya pemahaman mengenai manfaat mengamalkan Dasadarma, kurangnya antusias siswa mengikuti ekstrakulikular Pramuka, orang tua siswa menganggap pendidikan formal jauh lebih penting dibandingkan dengan pendidikan non formal, 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendalakendala dengan memberikan pemahaman gerakan Pramuka, meningkatkan potensi siswa melalui keterampilan dan pengembangan kepribadian, memberikan inovasi dalam kegiatan Kepramukaan, serta menunjukan prestasi dan manfaat kegiatan kepada masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Pramuka, Dasadarma, karakter tanggung jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Apr 2014 08:02 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 21:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28547 |
Actions (login required)
View Item |