Setiawan, Joni and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (900kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (531kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 31 Siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Metode pengumpulan data di lakukan melalui Observasi, Dokumentasi, Tes. Teknik analisis data bersifat kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adanya peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada pelajaran ekonomi. Peningkatan kualitas tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu merasa senang saat pembelajaran, keaktifan dalam belajar dan berpartisipasi belajar siswa dalam belajar ekonomi. Merasa senang saat pembelajaran pada pra siklus sebanyak 38,70% siklus I sebesar 70,32% dan siklus II sebesar 82,58% keaktifan dalam belajar yaitu pada pra siklus 48,38% siklus I sebesar 70,96% dan siklus II 89,67%. Berpartisipasi belajar siswa yaitu pada pada pra siklus sebesar 51,61%, Siklus I sebesar 79,35% dan Siklus II sebesar 91,61%. kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengmbangan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual teaching and learning (CTL) lembar kerja siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 07:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28494 |
Actions (login required)
View Item |