Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Setiawan, Joni and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ekonomi Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 31 Siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Metode pengumpulan data di lakukan melalui Observasi, Dokumentasi, Tes. Teknik analisis data bersifat kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adanya peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada pelajaran ekonomi. Peningkatan kualitas tersebut terlihat dalam 3 indikator yaitu merasa senang saat pembelajaran, keaktifan dalam belajar dan berpartisipasi belajar siswa dalam belajar ekonomi. Merasa senang saat pembelajaran pada pra siklus sebanyak 38,70% siklus I sebesar 70,32% dan siklus II sebesar 82,58% keaktifan dalam belajar yaitu pada pra siklus 48,38% siklus I sebesar 70,96% dan siklus II 89,67%. Berpartisipasi belajar siswa yaitu pada pada pra siklus sebesar 51,61%, Siklus I sebesar 79,35% dan Siklus II sebesar 91,61%. kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengmbangan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar mata pelajaran ekonomi berbasis contextual teaching and learning (CTL) lembar kerja siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 07:39
Last Modified: 19 Oct 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28494

Actions (login required)

View Item View Item