Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS Pada SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2013/2014

Retnani, Mei Vita Dyah and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS Pada SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (670kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi,. 3) Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 91 siswa dengan sampel 75 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang yang diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dengan diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 70,556 + 0,163X1 + 0,122X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,116> 1,993 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,579 > 1,993 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,012. 3) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9,768 > 3,124 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,000. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif sebesar 12,35%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 8,95%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,213, berarti 21,3% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa, sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru, kemandirian belajar, prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Apr 2014 11:22
Last Modified: 19 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item