Retnani, Mei Vita Dyah and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2014) Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI IPS Pada SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (670kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi,. 3) Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 91 siswa dengan sampel 75 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang yang diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dengan diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 70,556 + 0,163X1 + 0,122X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,116> 1,993 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,579 > 1,993 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,012. 3) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 9,768 > 3,124 pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,000. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif sebesar 12,35%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 8,95%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,213, berarti 21,3% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan kemandirian belajar siswa, sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru, kemandirian belajar, prestasi belajar ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Apr 2014 11:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28485 |
Actions (login required)
View Item |